Rock Vs Alay

picture by: facebooktrik.blogspot.com
bismillahirahmanirahim
Setelah sekian lama gak Update blog ini, akhirnya kangen juga, yah kalo bahasa Denmarknya "taragak juo" hehe..

kali ini saya akan membahas tentang fenomena musik yang terjadi di Indonesia khususnya di kalangan masyarakat muslim.

Baru" ini gw liat (ehm, with slenge'an style) ada program baru di salah satu Tv di Indonesia yang membahas salah satu gendre musik yang di anggap tebu, eh maksudnya 'tabu' bagi sebagian kawula muda, namanya Mtv Alay (yah ketahuan deh stasiun Tv-nya). Hal ini seakan menggelitik saya untuk segera memposting sesuatu di Blog saya.

Acara ini adalah refleksi dari "perselisihan terselubung" antara 2 gendre yg tertera di judul posting ini. ada yang menyebut musik Alay / melayu (dan musik" melouw lainnya) sebagai musik cengeng, berlebihan dan musik bagi orang" gak berpendidikan. Namun di sisi lain musik rock(dan keluarga"nya seperti musik heavy metal dsb.) disebut sebagai musik berisik dan bikin kepala pusing. Sambil memuji kelebihannya masing", melayu (maaf menggunakan salah satu suku di Indonesia, namun yg di maksud di sini adalah aliran musik yang sedang populer saat ini) menganggap skil mereka dari kemerduan suara dan Rock menganggap kelebihannya dari skill menggunakan alat musik dan ketinggian suara.



HOALAH MANA YANG BENER INI ?


Yah di dunia ini terjadi sebuah pro dan kontra itu wajar, namun bagaimana kedua musik ini dari sudut pandang Islam? Nyok kite bahas bareng"

Mungkin masih ada beberapa teman yang belum tau tentang asal-usul musik, saya pernah membaca sebuah artikel tentang itu, dan akan coba saya bagi sedikit di sini.

Musik dalam bahasa Arab disebut ma’azif, yang berasal dari kata ‘azafa yang berarti berpaling. Kalau dikatakan: Si fulan berazaf dari sesuatu, maknanya adalah berpaling dari sesuatu. Jika dikatakan laki-laki yang ‘azuf dari yang melalaikan, artinya yang berpaling darinya. Bila dikatakan laki-laki yang ‘azuf dari para wanita artinya adalah yang tidak senang kepada mereka.
Ma’azif adalah jamak dari mi’zaf (مِعْزَفٌ), dan disebut juga ‘azfun (عَزْفٌ). Mi’zaf adalah sejenis alat musik yang dipakai oleh penduduk Yaman dan selainnya, terbuat dari kayu dan dijadikan sebagai alat musik. Al-‘Azif adalah orang yang bermain dengannya.
Al-Laits rahimahullahu berkata: “Al-ma’azif adalah alat-alat musik yang dipukul.” Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullahu berkata: “Al-ma’azif adalah alat-alat musik.” Al-Qurthubi rahimahullahu meriwayatkan dari Al-Jauhari bahwa al-ma’azif adalah nyanyian. Yang terdapat dalam Shihah-nya bahwa yang dimaksud adalah alat-alat musik. Ada pula yang mengatakan maknanya adalah suara-suara yang melalaikan. Ad-Dimyathi berkata: “Al-ma’azif adalah genderang dan yang lainnya berupa sesuatu yang dipukul.” (lihat Tahdzib Al-Lughah, 2/86, Mukhtarush Shihah, hal. 181, Fathul Bari, 10/57)
Al-Imam Adz-Dzahabi rahimahullahu berkata: “Al-ma’azif adalah nama bagi setiap alat musik yang dimainkan, seperti seruling, gitar, dan klarinet (sejenis seruling), serta simba.” (Siyar A’lam An-Nubala`, 21/158)
Ibnul Qayyim rahimahullahu berkata bahwa al-ma’azif adalah seluruh jenis alat musik, dan tidak ada perselisihan ahli bahasa dalam hal ini. (Ighatsatul Lahafan, 1/260-261).


Dalam sebuah ayat yang artinya. "Dan sederhanakanlah dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai (melengking)." nah tau kan ayat ini mengarah kemana? tapi seakan tak mau kalah, Musik" yang berlebihan dalam memuji kehidupan dunia (terlebih musik" romantis) hukumnya juga mutlak haram karena membuat orang cinta pada wanita dan dunia melebihi cintanya pada Allah Swt.

Dalam artikel lain menyebutkan musik pertama kali muncul di gunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk pemuja'an para dewanya. Musik juga digunakan para tentara katolik Spanyol untuk meghancurkan bumi Islam Andalusia dengan menyusupkannya kepada para pemuda-pemudi Islam di sana hingga mereka lalai dan lengah. 

Hmm kalo di lihat dari ketarangan di atas kok kayaknya musik tuh jelek banget yah. IYA musik itu memang jelek banget. apalagi jika digunakan untuk hal" yang haram dan menimbulkan maksiat. Meskipun begitu tidak ada dalil dari Al-Qur'an dan hadits yang mengharamkan Musik secara keseluruhan. Apalagi sekarang musik bisa digunakan untuk sarana dakwah.

kembali lagi soal judul di atas, Rock vs Melayu mana yang halal? yah nilai sendiri adja yach..
tenang aja pren para pecinta musik sekalian, kan masih ada Musik" seperti musik Religi dan musik nasyid, udah dengerinnya asyik, inget terus sama Allah  and dapet pahala tentunya..

       
      

Assalamualaikum...
EmoticonEmoticon