HUNTING FOR LAILATUL QADR


bismillahirahmanirahim



Dengan Nama Allah, Maha Pengasih, Maha Penyayang.

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ
1. Sesungguhnya Kami menurunkannya pada Malam Lailatul Qadr.
Laylat al-Qadr adalah Malam Kekuasaan, atau Malam Ketetapan. Pengetahuan tentang apa yang tertulis diturunkan pada Malam Kekuasaan dan diberitahukan kepada Nabi Muhammad. Dengan demikian malam itu adalah malam ketika Nabi diberi pengetahuan, malam ketika lembaran tersembunyi dibukakan kepadanya.


وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ
2. Dan apakah yang membuat engkau tahu apa itu malam Lailatul Qadr?

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ
3. Malam Ketetapan itu lebih baik dari seribu bulan.

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ
4. Para malaikat dan roh turun di dalamnya atas izin Tuhan mereka, untuk menjalankan semua perintah.
سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ 5. Damai! Sampai terbitnya fajar.

QS: Al-Qadr 1-5

    MasyaAllah.. ramadhan sang bulan yang selalu di rindu aku segera berlalu. jujur saat ramadhan tiba

perasaan ini selalu campur aduk, ada rasa senang karena amalan akan dilipatgandakan, karena suasana ramadhan yang tiada duanya, sampai suasana keramaian masjid yg tiada tiganya. namun sebagai seorang muslim awam tetap saja ada perasaan lain seperti rasa tersiksa saat puasa (apalagi pas siang2 teriknya minta amplop, eh maksudnya minta ampun). memang cara Allah SWT mentarbiah kitaselalu penuh warna dan lika-liku, namun di balik itu semua selalu ada sebuah keindahan. hadiah luar biasa yang telah DIA sediakan untuk kita semua.

   kini ramadhan hampir usai, lagi datang perasaan yang campur aduk, tapi dengan inggridients yang berbeda (kayak kue bungkus aja pake inggridients). yah kini semua perasaan berubah, ada rasa bahagia karena akan segera menemui hari nan suci yaitu LEBARAN. muslim mana sih yang gak bahagia kalo gak datang lebaran (paling yang gak bahagia tuh cuma muslim abal-abal). tapi perasaan sedih tak kalah menyeruak di dalam diri ini. karena akan berpisah dengan bulan Ramadhan ini. sungguh seorang muslim sejati pasti merasakannya.

   satu hal lagi yang menjadi kebahagiaan akhir bulan ramadhan. adalah malam Lailatul Qadr yang lebih baik dari seribu bulan. ada yang coba ngitung2 1000 bulan tuh sama kayak 80 tahun. wah keren gak tuh, kalo kita ibadah di malam Lailatul Qadr sama aja kayak kita ibadah seumur hidup.kan rata-rata usia kita yah cuma sampai 80. itu pun kalo beruntung. balik lagi ke soal Lailatul Qadrnya biasanya palig klop kalo kita nymbil i'tikaf di masjid seperti Rasulullah SAW yang menghabiskan malam2 ramadhannya di masjid. dan bertambah giat di akhir2 ramadhannya..  berikut ini ane tambahin dua hadits tentang kegiatan Rasulullah SAW di akhir bulan ramadhan ini:

Abu Hurairah r.a berkata, "Nabi SAW beri'tikaf pada tiap bulan ramadhan sepuluh hari dan pada tahun beliau meninggal, beri'tikaf dua puluh hari." (HR Bukhari)

Aisyah r.a berkata, "Rasulullah SAW jika memasuki malam-malam sepuluh yang terahir bulan ramadhan beliau bangun satu malam penuh dan membangunkan keluarganya, bersungguh-sungguh ibadah hingga memperketat sarungnya*." (HR Muslim)

*)= ane agak sanksi dengan kata sarung, emang zaman Rasulullah SAW di arab ada sarung? ah mungkin ini hanya tafsir dari ulama yang mengIndonesiakannya sehingga dipakai istilah sarung..

terakhir ane pengen ngucapin MINAL AIDIN FAL FA IDZIN sama saudaraku semua, semoga amaliah ramadhan kita di terima oleh Allah SWT amin....

Assalamualaikum...
EmoticonEmoticon